Pages

Search This Blog

Monday, December 20, 2010

Komunitas Trikke Indonesia

Jika kita mengayuh sepeda, lama kelamaan kita akan merasa capek dan cepat berkeringat. Bersepeda dapat dijadikan elternatif untuk berolahraga. Namun sekarang ada inovasi baru. Secara fisik bentuknya mirip dengan sepeda, hanya saja penggunaannya sangat berbeda. Kita tidak perlu mengayuh dengan susah payah, namun kita hanya mendorongnya saja, layaknya skuter.

Yahh,, alat ini adalah sepeda Trikke. Dengan 3 roda sebagai penggerak, dan masih terdapat kemudi yang dibarengi dengan rem tangan. Sungguh nyaman digunakan mengingat alat ini merupakan terobosan baru pencegahan global warming. 

Sepeda unik tanpa mengayuh. Bukan seperti sepeda pada umumnya. Maka sepeda ini mempunyai banyak peminat, melihat dari segi fisik dan juga penggunannya.
Komunitas Trikke Indonesia terbentuk sejak Oktober 2010 diawali saat Edwargo. S membawa Trikke dari Amerika Serikat pada Januari 2010. Edwargo membawa tiga buah langsung untuk memperkenalkan sepeda tanpa kayuhan dari negeri asalnya, Paman Sam.

Hingga saat ini, sebanyak 15 Trikkes selalu berkumpul pada akhir pekan atau saat car free day di Jakarta. Berbeda dengan Suzy yang selalu mengunakan Trikke untuk berolah raga pagi, bukan tanpa sebab hal itu dilakukannya. pergerakan semua bagian tubuh agar sepeda roda tiga dapat melaju menjadi faktor utama.
Trikke ini juga besar manfaatny bagi kesehatan. Bukan hanya kaki yang bergerak, namun seluruh tubuh juga dapat beraktifitas sehingga seluruh tubuh dapat bergerak dan badan menjadi sehat. 

Cara mengemudi Trikke sedikit berbeda dengan sepeda pada umumnya, namun tetap dapat melakukan manuver seperti berputar, bunny hop maupun menaiki anak tangga. Bukan hanya itu, tingkat stabilitas sangat tinggi karena dua roda di bagian belakang sehingga kedua kaki tidak perlu turun saat berhenti di traffic light.
Pada dasarnnya, Trikke terbagi atas tiga bagian yaitu, kemudi, chasis roda kanan dan kiri. Namun bagian terpenting adalah bearing berbahan karet yang membuat chasis roda belakang dan kemudi dapat bergerak atau seperti mirip balljoint. Dan Trikke tetap dapat dilipat sehingga mudah untuk dibawa.

No comments:

Popular Posts